Minggu, 13 Desember 2009

Interval nada

Interval nada

Dalam ilmu matematika atau eksak, Interval berarti jarak.
Hali ini berlaku pula dalam musik.
Jadi: Interval nada adalah jarak nada
Artinya, Interval nada adalah hitungan satuan dari satu nada dengan nada lainnya

Perhatikan Rumus di bawah ini:

C
D
E
F
G
A
B
C
1
2
3
4
5
6
7
1

1
1
1/2
1
1
1
1/2

Hitungan di atas adalah jarak satuan nada yang dalam Ilmu Pengetahuan Musik dikenal dengan rumus Interval nada.
Perlu diketahui, Interval Nada adalah rumus yang telah ditetapkan secara internasional, untuk segala jenis alat musik bernada. Pada sebuah alat musik, nada terendah atau nada dasar selalu di hitung dari C, atau C=1 (Do).
Interval nada memiliki banyak fungsi yang sangat penting, antara lain: Menentukan nada dasar sebuah lagu, menyetem alat musik, mengukur ketinggian suara manusia, dan yang terpenting adalah membuktikan bahwa Ilmu Pengetahuan Musik sebagai Ilmu pengetahuan yang ilmiah dan sejalan dengan hitungan matematika dan fisika.

Catatan:
Jarak antar nada tersebut di ukur dengan suatu getaran per detik (Hertz).
Dalam konfrensi fisika di London pada tahun 1939, nada 6 (La) ditentukan harus memiliki getaran 440 kali per detik (Hertz).
Sedangkan nada 6 (La) yang lebih tinggi pada oktav berikutnya memiliki getaran sebanyak 1 ½ kali lipat dari 6 (La) sebelumnya, berarti 660 Hertz)
Artinya segala benda yang bergetar sebanyak 440 Hertz per detik, apapun itu, pada dasarnya mengeluarkan bunyi yang sama dengan nada 6 (La).
Karena itulah, meski alat musik dibuat dari banyak materi (gitar dengan dawainya, seruling besi/plastik menggetarkan udara yang keluar melalui lubang,bahkan pita suara manusia sekalipun, pada dasarnya memiliki jumlah getaran yang sama dalam satu detik, sehingga terciptalah nada 6 (La) tersebut.
Fungsi interval nada dalam musik antara lain: menentukan nada dasar sebuah lagu, menyetem alat musik, mengukur ketinggian suara manusia, dll, akan dibahas satu persatu.
Bersambung�


SESUNGGUHNYA MUSIK ADALAH MATEMATIKA
YANG DIMAINKAN OTAK KANAN DAN HATI MANUSIA
DENGAN BEGITU INDAH �

Tidak ada komentar:

Posting Komentar